“Vitamin”

BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG
Vitamin adalah suatu zat senyawa kompleks yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita yang berfungsi untuk membantu pengaturan atau proses kegiatan tubuh. Tanpa vitamin manusia, hewan dan makhluk hidup lainnya tidak akan dapat melakukan aktifitas hidup dan kekurangan vitamin dapat menyebabkan memperbesar peluang terkena penyakit pada tubuh kita.
Vitamin berdasarkan kelarutannya di dalam air:
1. Vitamin yang larut didalam air yaitu vitamin B dan vitamin C
2. Vitamin yang tidak larut didalam air atau vitamin larut lemak yaitu vitamin A, D, E, dan K atau disingkat vitamin ADEK.
Bagian – bagian dari beberapa macam vitamin:
1. Vitamin A: sumber vitamin A : susu, ikan, sayuran berwarna hijau dan kuning, hati, buah – buahan warna merah dan kuning (cabe merah, wortel, pisang, pepaya, dll). Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin A ialah rabun senja, katarak, infeksi saluran pernapasan, menurunnya daya tahan tubuh, kulit yang tidak sehat, dll
2. Vitamin B1: sumber vitamin B1: gandum, daging, susu, kacang hijau, ragi, beras, telur, dsb. Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin B1 ialah kulit kering/kusik/busik, kulit bersisik, daya tahan tubuh berkurang.
3. Vitamin B2: sumber vitamin B2: sayur – sayuran segar, kacang kedelai, kuning telur, dsb. Penyakit yang ditimbulkan akibat kekuangan vitamin B2 ialah turunnya daya tahan tubuhkulit yang bersisik, mulut kering, bibir pecah – pecah, sariawan, dsb.
4. Vitamin B3: sumber yang mengandung vitamin B3: buah – buahan, gandum, ragi, hati, ikan, ginjal, kentang manis, daging unggas dsb. Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin B3 ialah terganggunya system pencernaan, otot mudah keram dan kejang,insomnia, badan lemas, mudah muntah dan mual – mual, dsb.
5. Vitamin B5: sumber vitamin B5: daging, susu, sayur mayur hijau, ginjal, hati, kacang hijau, dan banyak lagi yang lain. Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin B5 ialah otot mudah menjadi kram, sulit tidur, kulit pecah – pecah dan bersisik, dll.
6. Vitamin B6: sumber vitamin B6: kacang – kacangan, jagung, beras, hati, ikan, beras tumbuk, ragi, daging dll. Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin B6 ialahpelagra alias kulit pecah – pecah, keram pada otot – otot, insomnia atau sulit tidur, dll
7. Vitamin B12: sumber vitamin B12: telur, hati, daging, dll. Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin B12 ialah kurang darah atau anemia, gampang capek atau lelah/letih/lesu/lemas, penyakit pada kulit, dsb.
8. Vitamin C: jambu klutuk atau jambu batu, jeruk, tomat, nanas, sayur segar, dll. Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin C ialah mudah infeksi pada luka, gusi berdarah, rasa nyeri pada persendian, dll.
9. Vitamin D: sumber vitamin D: minyak ikan, susu, telur, keju, dll. Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin D ialah gigi akan lebih mudah rusak, otot bias mengalami kejang – kejang, pertumbuhan tulang tidak normal yang biasanya betis kaki akan membentukhuruf O atau X.
10. Vitamin E: sumber vitamin E: ikan, ayam, kuning telur, kecambah, ragi, minyak tumbuh – tumbuhan, havermut,dsb. Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin E ialah bias mandul baik pria maupun wanita, gangguan syaraf dan otot, dll.
11. Vitamin K: sumber vitamin K: susu, kuning telur, sayuran segar. Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin K ialah darah sulit membeku bila terluka/berdarah/luka/pendarahan, pendarahan di dalam tubuh, dsb.

B. TUJUAN
Dengan mengkonsumsi vitamin manusia, hewan, dan makhluk hidup lainnya dapat melakukan berbagai aktifitas hidupdan kekurangan vitamin dapat menyebabkan/memperbesar peluang terkena penyakit pada tubuh kita.

C. MANFAAT
Manfaat mengkonsumsi vitamin yaitu
1. Membantu pertumbuhan dan perbaikan sel dan jaringan
2. Membantu system kekebalan tubuh
3. Membantu pembuangan racun tubuh
4. Sebagai sumber energi yang efisien dan cepat

BAB I I
PEMBAHASAN

A. VITAMIN E
Secara alami, vitamin E banyak terkandung pada bunga matahari, margarin, alpukat, kacang almon, minyak, kacanga – kacangan, sayuran berwarna hijau, dan makanan segar lainnya. Bila tingkat konsumsi sumber – sumber vitamin E alami ini masih kurang, dianjurkan untuk minum suplemen vitamin E. Suplemen vitamin itu sendiri tersusun dari ekstrak vitamin E. “karena definisi vitamin adalah yang diperlukan tubuh, maka jumlah yang dibutuhkan juga sedikit. Kalau overdosis bisa bahaya”.
Selama ini kita hanya mengenal kegunaan vitamin E sebagai antioksidan, vitamin kecantikan dan kesuburan. Padahal kira – kira lima decade yang lalu, dua dokter dari kanada telah menemukan bahwa suplemen vitamin E alami dapat membantu mengatasi penyakit jantung. Saat ini, bahkan ternyata bukan hanya penyakit jantung saja, tapi juga penyakit – penyakit lainnya seperti kanker dan Alzheimer disarankan untuk mengkonsumsi antioksidan “ajaib” ini setiap harinya.
Keuntungan mengkonsumsi vitamin E :
1. Mencegah pembengkakan di pembuluh darah
2. Meringankan Rheumatoid Arthritis
3. Anti Alergi
4. Membangkitkan system kekebalan tubuh
5. Meningkatkan kesuburan
6. Membantu keseimbangan system tubuh dan juga
7. Membantu kelancaran siklus haid untuk kaum wanita.
Penelitian yang dilakukan Dr Edger Miller dari Johns Hopkins University, Baltimore, Amerika Serikat. Miller dan timnya mengalisis ulang 19 study mengenai vitamin E dan dampaknyapada kesehatan antara tahun 1993 dan 2003. Riset ini mwlibatkan lebih dari 136 rribu orang yang rata – rata berusia lanjut di Amerika Utara, Eropa, dan Cina. Dari sini Miller menemukan, dua dari tiga yang mengonsumsi suplemen vitamin E menggunakan dosis 400 IU (international unit) atau lebih sehari.
Padahal, konsumsi vitamin vitamin E, apalagi dalam dosis yang tinggi, tak selalu baik. Penelitian menunjukkan konsumsi vitamin E diatas 300 IU sehari bias menimbulkan beberapa gangguan kesehatan, anatara lain gangguan saluran cerna, sakit kepala, rasa lemah, hambatan sembuhnya luka, serta meniadakan vitamin K.
Diantara beberapa jenis vitamin, vitamin E adalah salah satunya yang cukup popular dikalangan wanita. Ini karena vitamin E diyakini memiliki sifat sebagai antioksidan yang dapat menghambat penuaan dini. Dengan ini, vitamin E kemudian banyak digunakan sebagai obat anti penuaan kulit bagi kaum wanita. Antioksidan adalah suatu senyawa yang bekerja melindungi sel dan jaringan tubuh kita dari radikal bebas. Tubuh sendiri sudah memiliki antiuoksidan alamiah, tapi ada pula antioksidan yang berasal dari makanan. Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan maka timbul pendapat bahwa antioksidan dapat melawan radikal bebas penyebab ketuaan, bahkan kanker.
Vitamin E tidak untuk kulit yang berminyak, mengapa begitu?? Ini karena jika kita mengkonsumsi suplemen vitamin e justru membuat jaringan kulit yang meradang sulit sembuh. Kondisi ini akan makin parah , bila penderita juga mengkonsumsi vitamin C. untuk memulihkan kondisi kulit ini, stop suplemen vitamin E, tak hanya itu dianjurkan untuk mengurangi konsumsi vitamin E.

B. MENSTRUASI
Menstruasi atau haid mengacu kepada pengeluaran secara periodic darah dan sel – sel tubuh dari vagina yang berasal dari dinding rahim wanita. Menstruasi dimulai saat pubertas dan menandai kemampuan seorang wanita untuk mengandung anak, walaupun mungkin factor factor kesehatan lain dapat membatasi kapasitas ini. Menstruasi biasanya dimulai antara umur 10 dan 16 tahun, tergantung berbagai factor, termasuk kesehatan wanita, status nutrisi, dan berat badanrelatih terhadap tinggi tubuh.
Menstruasi merupakan bagian dari proses reguler yang mempersiapkan tubuh wanita setiap bulannya untuk kehamilan. Daur ini melibatkan beberapa tahap yang dikendalikan oleh interaksi hormon yang dikeluarkan oleh hipotalamus, kelenjar dibawah otak depan, dan indung telur. Pada permulaan daur , lapisan sel rahim mulai berkembang dan menebal. Lapisan ini berperan sebagai penyokong bagi janinyang sedang tumbuh bila wanita tersebut hamil. Hormon memberi sinyalpada telur di dalam indung telur wanita dan mulai berkembang. Tak lama kemudian, sebuah telur dilepaskan dari indung telur wanita dan mulai bergerak menuju tuba fallopi terus kerahim. Bila telur tidak dibuahi oleh sperma pada saat berhubungan intim. Lapisan rahim akan berpisah dari dinding uterus dan mulai luruh serta akan mulai dikeluarkan melalui vagina. Periode pengeluaran darah, dikenal sebagai periode menstruasi atau mens atau haid, berlangsung selama tiga hingga tujuh hari. Bila seorang wanita menjadi hamil menstruasi bulanannya akan berhenti. Oleh karena itu, menghilangnya menstruasi bulanan merupakantanda (walaupun tidak selalu) bahwa seorang wanita sedang hamil.
Beberapa wanita mengalami sebuah kondisi yang dikenal sebagai amenore atau kegagalan bermenstruasi selama masa waktu perpanjangan. Kondisi ini dapat disebabkan oleh bermacam – macam factor termasuk stress, hilang berat badan, olahraga berat secara teratur, atau penyakit. Sebaliknya, beberapa wanita mengalami aliran menstruasi yang berlebihan, kondisi yang dikenal sebagai menoragi. Tidak hanya aliran darah menjadi banyak, namun dapat berlangsung lebih lama dari periode normal.
Sikap terhadap menstruasi dapat berbeda pada setiap masyarakat. Banyak masyarakat yang memandang wanita sebagai terkontaminasi atau tercemar saat menstruasi dan tidak mengikutsertakan mereka dalam kegitan – kegiatan masyarakat karena takut akan tercemar. Menstruasi adalah satu dari banyak pembenaran yang telah diberikan untuk menghalangi wanita memasuki peran – peran keagamaan pada beberapa agama. Ritual pembersihan menstruasi dianjurkan pada beberapa masyarakat. Namun, masyarakat lainnya menganggap menstruasi sebagai fungsi tubuh normal dan tidak menghukum atau menghalangi wanita saat mereka mengalaminya.

C. HUBUNGAN ANTARA VITAMIN E DAN MENSTRUASI
Menstruasi tidak teratur
Hasil Tanya jawab anatara pasien dengan seorang dokter:
(pasien) Seorang wanita yang berumur 20 tahun merasa cemas sekali apabila telat dating menstruasi, biasanya sekitar awal bulan tanggal 5/7, haidnya belum dating juga , badannya terasa lemas, kepala terasa pusing kayak berputar, trus terasa gatal, air kencingnya berwarna kuning, bagian pinggang sakit .
{dokter} tidak perlu khawatir kalu menstruasi dating terlambat. Siklus menstruasi yang dianggap teratur itu adalah 28 hari sekali, namun tidak dipungkiri kalau siklus ini bias bervariasi untuk setiap orangnya, namun tentu saja ada kisaran normalnya, yaitu 24-35 hari. Kalau dari keterangan yang disebutkan berarti biasanya siklus haid anda berjalan 30-31 hari, iti masih bagus karena masih dalam kisaran normalnya.
Variasi datangnya masa haid pada wanita, yang kami sebutkan tadi,terjadi karena adanya perbedaab dari kadar hormon estrogen (hormon kelamin) yang diproduksikan oleh masing – masing tubuh wanit. Oleh karena itu siklus haid bias makin lama. Demikian pula dengan sebaliknya. Jika produksi hormon ini berlebih maka siklus jadi makin cepat.
Kondisi tubuh dan psikologis berperan penting dalam produksi kerja hormon estrogen, dan efeknya terhadap jadi lebih cepat atau lambatnya siklus haid bias berbeda – beda untuk setiap individunya. Maka dari itu, tidak heran kalau siklus haid seorang wanita bisa beruba h – ubah
Haid anada bias jadi disebabkab karena kelelahan fisik dan mental yang bisamempengaruhi siklus haid anda. Anda harus bisa menenangkan diri anda, karena bisa jadi sebenarnya tidak ada sesuatu seriusdengan keterlambatan haid anda, mungkin haid anda hanya lebih terlambat dari biasanya sekali ini saja.
Anda juga jangan dulu minum obat terlambat dating bulan, jangan biasakanmengatasi segala hal yang tidak “beres” pada tubuh kita dengan obat – obatan. Kalaupun anda memang terlambat datang bulan, dan obat itu seperti hanya satu – satunya jalan keluar yang anda tahu, anda hanya boleh meminumnya jika itulah yang memang dianjurkan dokter.
Pola hidup sehat, cukupkan kebutuhan istirahat untuk tubuh dan pikiran, kurangi keletihan yang bisa mengundang rasa stress, dan perbanyak makan makanan yang mengandung vitamin E (seperti kecambah) bisa membantu keseimbangan system tubuh, dan juga membantu kelancaran siklus haid untuk kaum wanita.
Taoge merupakan kecambah yang berasal dari biji – bijian, seperti kacang hijau, yang memilki bagian putih panjang hingga tiga sentimeter. Bentuk kecambah dipeoleh setelah biji diproses selama beberapa hari. Bentuk taoge memang tergolong kecil dibandingkan dengan jenis sayuran lain, meskipun begitu, tumbuhan ini memiliki kandungan manfaat yang tidak kecil. Sayuran taoge jenis apapun, baik taogekacang hijau, taoge kedelai, taoge alfafa, maupun jenis taoge lainnya mengandung banyak sekali senyawa fito kimiawi yang sangat berkhasiat. Salah satunya adalah kanavanin, jenis asam amino bahan penyusun yang paling banyak tersimpan dalam taoge alfafa.
Karena bersifat alkali (basa), maka taoge sangat baik untuk menjaga keasaman lambung dan memperlancar pencernaan. Taoge juga baik untuk kecantikan, yaitu membantu meremajakan dan menghaluskan kulit, menghilangkan flek – flek hitam pada wajah, menyembuhkan jerawat, menyuburkan rambut dan juga melangsingkan tubuh. Karena mengandung vitamin E, taoge juga dapat membantu meningkatkan kesuburan, bagi wanita yang rajin makan taoge akan membantu terhindar dari kanker payudara,gangguan menjelang menstrusai , pramenopouse dan ganngguan akibat menopouse.

BAB I I I
PENUTUP

A. KESIMPULAN
1. Vitamin E bisa membantu keseimbangan tubug dan juga membantu kelancaran siklus haid bagi wanita.
2. Vitamin E juga bisa sebagai antioksidan yang dibutuhkan untuk memerangi radikal bebas, sehingga dapat mencegah proses penuaan dini.
3. Suplemen vitamin E juga dapat membantu memperlancar menstruasi jika mengalami keterlambatan.

B. SARAN
1. Jika terlambat datang bulan disarankan untuk tidak membiasakan meminum obat terlambat dating bulan karena bisa menimbulkan sesuatu hal diluar dugaan.
2. kalau terlambat datang bulan dan dengan obat dating bulan satu – satunya yang anda andalkan sebaiknya dikonsultasikan kedokter anda terlabih dahulu.
3. disarankan untuk mengkonsumsi vitamin E saat mengalami menstruasi karena dapat membantu memperlancar siklus haid pada wanita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: