SHALAT DAN THAHARAH

SHALAT DAN THAHARAH

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Allah SWT adalah Dzat yang suci menciptakan manusia dari suatu zat yang suci. Dan sesuatu yang berawal dari yang suci maka akan kembali dan diterima apabila dia telah suci. Didalam diri manusia terdapat dzat yang suci yang berasal dari tuhan mu, Tapi apakah yang dapat membedakan hamba dengan tuhannya?ternyata shalat lima waktulah yang dapat menjawabnya
Shalat adalah media yang dicontohkan oleh baginda Nabi Muhammad SAW, dan shalat pula lah yang dapat membedakan antara hamba dan tuhannya. Dimana posisi hamba adalah menyembah tuhannya. Shalat adalah wajib dikerjakan bagi hambanya.
Didalam tubuh manusia terdapat zat yang berasal dari tuhannya, namun tidak pulalah seorang hamba mengangkat dirinya sebagai tuhan, karna berpatokan bahwa tuhan adalah aku dan aku adalah tuhan dengan mengikut sertakan pemikiran bahwa dia berasal dari dzat yang suci sama dengan tuhan.
Islam itu agama mudah untuk dipahami, tapi jangan untuk dimudah-mudahkan. Inti islam adalah shalat serta Thaharah(kesucian). Shalat berguna untuk mendekatkan diri dengan tuhanyna, serta membedakan antara hamba dengan tuhannya. Thaharah (kesucian) itu terdapat pada tingkah laku mulai dari :
1. Kesucian Pikiran
2. Kesucian Hati
3. Kesucian Pandangan(penglihatan)
4. Kesucian Pendengaran
5. Kesucian Perkataan
6. Kesucian/Kebersihan tubuh dari nazis
7. Kesucian/Kebersihan pakaian dari najis
8. Kesucian makan dan minuman yang dikonsumsi
9. Kesucian harta yang dimiliki
Apabila point-point ini telah tercapai maka terciptalah keharmonisan hubungan antara manusia dengan manusia, terutama hubungan antara manusia dengan tuhannya yaitu Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Rangkuman Ringkas
By

Abu Rayan Al’Umara

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: