Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS)

Severe Acute Respiratory Syndrome
(SARS)
Syndrome pernafasan akut parah merupakan penyakit radang paru-paru yang berjangkit di beberapa negara.Kasus pertama : Prop. Guangdong Cina, Nov. 2002.Penyebaran virus sangat cepat dan akibat yang ditimbulkan mengancam jiwa, tidak terkecuali di Indonesia.WHO : 31 Maret 2003 2.622 kasus di 22 negara ( 75 meninggal)
Sindrom pernafasan akut parah (SARS) merupakan kumpulan gejala (syndrom) pada saluran nafas (seperti batuk, flu , bersin dan sesak nafas) dan terjadinya infeksi paru-paru/pneumonia yang timbul secara akut (tiba-tiba) serta dapat menjadi parah.
PENYEBAB
Infeksi paru (pneumonia) karena coronavirus.Pneumonia adalah penyakit radang atau infeksi paru-paru yang disebabkan oleh bakteri, virus atau jamur.Streptococcus pneumonia dan staphylococcus sp. merupakan bakteri penyebab pneumonia.SARS dikenal pula nama : Pneumonia coronavirus (CVP).
PENULARAN
Rantai penularan.
WHO : penyakit tsb menular jika terjadi kontak erat dengan penderita melalui pernafasan dan cairan tubuh.
Coronavirus dapat ditemukan dalam kotoran manusia, hal ini menjelaskan bahwa penularan tsb juga bisa melalui kotoran manusia. Virus dpat bertahan lama di feses dan urine pasien pengidap SARS. Dalam kotoran man virus bertahan selama 1-2 hr dalam suhu ruang. Dalam kondisi asam virus hanya mampu bertahan hidup paling lama 3 jam, di udara virus bertahan selama 3 jam. Masa inkubasi : 2 – 7 hr.
PENYEBARAN
Bakteri chlamydia penyebab penyakit seksual menular berkaitan dengan terjadinya penyakit SARS, karena bakteri tsb dapat menginfeksi saluran nafas manusia, termasuk pneumonia.Hasil lembaga riset di Cina yt pemeriksaan paru-paru, hati, ginjal penderita SARS bahwa bakteri Chlamydia berperan dalam
berjangkitnya SARS.Sejak berjangkitnya SARS di Hongkong pada Pebruari 2003, telah menginfeksi sekitar 3.400 orang yang tersebar di beberapa negara. Di Cina hingga akhir Maret 2003, sekitar 900 orang terjangkit SARS, 45 % adalah pekerja kesehatan.
PENYEBARAN
Bakteri chlamydia penyebab penyakit seksual menular berkaitan dengan terjadinya penyakit SARS, karena bakteri tsb dapat menginfeksi saluran nafas manusia, termasuk pneumonia.Hasil lembaga riset di Cina yt pemeriksaan paru-paru, hati, ginjal penderita SARS bahwa bakteri Chlamydia berperan dalam berjangkitnya SARS.Sejak berjangkitnya SARS di Hongkong pada Pebruari 2003, telah menginfeksi sekitar 3.400 orang yang tersebar di beberapa negara. Di Cina hingga akhir Maret 2003, sekitar 900 orang terjangkit SARS, 45 % adalah pekerja kesehatan. Kasus pertama di luar Cina adalah warga Amerika pd
pertengahan Pebruari 2003 menginap di Hotel dan menyebarkan kasus tsb. kepada 10 orang,yang
meninggal di Hongkong pada 12 Maret 2003.
TANDA dan GEJALA KLINIS.
Kriteria penderita SARS :
 Demam tinggi > 38 oC
 Mengidap satu atau lebih gangguan nafas.
 Mengalami keadaan :
 10 hr terakhir kontak dengan penderita
 10 hr terakhir ke t4 fokus penularan.
 Mengalami gejala fisik : sakit kepala, nyeri otot, nafsu mkn hilang, lemah, kemerahan di kulit, timbul sariawan, diare.

PENGOBATAN
 Antibiotik Infeksi

 Gol. Fluorokuinolon Pneumonia

ventilasi mekanik

 Gol Steroid sakit parah + (antivirus).

PENCEGAHAN
 Hindari kontak dengan penderita atau yg dicurigai terjangkit
 Pakai masker jika kontak dengan penderita
 Gunakan baju pelindung khusus
 Cuci tangan dg benar pakai sabun
 Jika kontak langsung dg penderita SARS segera cuci tangan dg cairan desinfektan / alkohol
 Tingkatkan daya tahan tubuh
 Tunda kepergian ke daerah yg potensial terjangkit SARS
 Hindari TTU dg ventilasi ruangan yg ( – ) .
 Jaga kebersihan dan sanitasi lingkungan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: