PENYAKIT LEGIONELLOSIS

PENYAKIT LEGIONELLOSIS
SEJARAH SINGKAT
 PENYAKIT INI DITEMUKAN PADA BULAN JUNI TAHUN 1976
 PADA KONFERENSI TENTARA AMERIKA DI PILADELPHIA
PENGERTIAN
Legionella adalah suatu parasit (benalu) dari protozoa seperti amoeba, dan perkembangannya memerlukan kondisi-kondisi tertentu untuk kedua organisme. Bentuk bakterium “biofilm” tahan terhadap bahan kimia dan pengolahan antimikrobial, termasuk chlorine.
 Legionellosis atau penyakit legionnaire disebabkan oleh bakteri yang terbawa oleh air yang tumbuh secara sangat baik di dalam gerakan lambat atau air hangat yang tenang.
SUMBER PENULARAN
Sumber yang umum dari Legionella dalam bangunan komersial adalah dari kurang baiknya penempatan atau pemeliharaan menara pendingin (cooling tower) untuk penguapan, yang sering melepaskan air ter-aerosolisa yang dapat masuk mendekati lubang masuk ventilasi. JUGA DARI BADAN AIR/LINGKUNGAN
Berjangkitnya pada fasilitas medik dan rumah perawatan, apabila pasien tertekan kekebalannya (immuno-suppressed) atau kekebalannya lemah (immuno weak), secara umum banyak kasus-kasus yang dilaporkan dari legionellosis. Lebih dari satu satu kasus telah melibatkan pancaran air (fountain) di luar gedung pada atraksi-atraksi umum.
Adanya legionella dalam pasokan air pada bangunan komersial sangat tinggi dilaporkan, seperti kesehatan dapat terkena infeksi.
Tipikal pengujian legionella melibatkan pengumpulan contoh air dan permukaan kain penyeka (lap) dari penguapan dasar pendingin, pancuran air, kran-kran, dan lokasi lain dimana air hangat berkumpul. Contoh-contoh kemudian dibiakkan dan membentuk unit-unit koloni (colony forming unit = cfu) legionella diukur sebagai cfu/liter.
Pemusnahan berjangkitnya legionella dalam bangunan komersial beragam, tetapi sering dengan pengglontoran air yang sangat panas (1600F), sterilisasi dari air dengan cara penguapan, penggantian pancuran air, dan dalam banyak kasus pengglontoran dengan garam logam berat.

PENCEGAHAN
Tindakan pencegahan termasuk pengaturan temperatur air panas DIATAS 68 DERAJAT SELSIUSbang keluar (tap), evaluasi denah rancangan dari fasilitas, mengganti kran-kran aerator, dan pengujian berkala dalam daerah yang dicurigai

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: