materi Logam KADMIUM

KADMIUM (Cd)

Penyebaran, Sifat dan Penggunaannya
Logam Cd atau cadmium (kadmium) mempunyai penyebaran yang sangat luas di alam. Hanya ada satu jenis mineral cadmium di alam yaitu greennockite (CdS) yang selalu ditemukan bersamaan dengan mineral spalerite (ZnS). Mineral greennockite ini sangat jarang ditemukan di alam, sehingga dalam eksploitasi logam Cd, biasanya merupakan produksi sampingan dari peristiwa peleburan dan refining bijih-bijih Zn (seng). Biasanya pada konsentrat bijih Zn, didapatkan 0,2 sampai 0,3% logam Cd. Di samping itu Cd juga diproduksi dari peleburan bijih-bijih logam Pb (timah hitam) dan Cu (tembaga). Namun demikian, Zn merupakan sumber utama dari logam Cd, sehingga produksi dari logam tersebut sangat dipengaruhi oleh Zn.
Seperti halnya uinsur-unsur kimia lainnya terutama golongan logam-logam Cd mempunyai sifat fisika dan kimia tersendiri. Berdasarkan pada sifat-sifat fisikanya. Cd merupakan logam yang lunak ductile berwarna putih seperti putih perak Logam ini akan kehilangankilapnya bila berada dalam udara yang basah atau lembab serta akan cepat mengalami kerusakan bila dikenai oleh uap amonia (NH3) dan sulfur hidroksida (SO). Sedangkan berdasar pada sifat-sifat kimianya, logam Cd di dalam persenyawaan yang dibentuknya pada umumnya mempunyai bilangan valensi 1 + bila dimasukkan ke dalam larutan yang mengandung ion OH-, ion-ion Cd2+ akan mengalami proses pengendapan. Endapan yang terbentuk dari ion-ion Cd2- dalam larutan berion OH biasanya dalam bentuk senyawa terhidrasi yang berwarna putih. Bila logam Cd digabungkan dengan senyawa karbonat (CO) dengan senyawa posfat (PO3+) dengan senyawa arsenal (AsO3) dan atau dengan senyawa oksalat-ferro {Fe(III)}-danferri {Fe(II)} sianat, maka akan terbentuk suatu senyawa yang berwarna kuning. Semua senyawa tersebut akan dapat larut dalam senyawa NH4OH dan akan membentuk kation kompleks Cd dengan NH3.
Logam cadmium sangat banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari manusia. Logam ini telah digunakan semenjak tahun 1950 dan total produksi dunia adalah sekitar 15.000-18.000 per tahun. Prinsip dasar atau prinsip utama dalam penggunaan cadmium adalah sebagai bahan stabilisasi sebagai bahan pewarna dalam industri plastik dan pada elektroplating. Namun sebagian dari substansi logam cadmium ini juga digunakan untuk solder dan alloy-alloynya digunakan pula pada baterai. Umumnya logam cadmium (Cd) senyawa oksida dari cadmium (CdO), hidrat (CdH2), dan khloridaya paling banyak digunakan dalam industri elektroplating.
Dalam industri baterai, pesawat terbang sipil maupun militer alloy CdNi juga sangat banyak digunakan. Di samping itu alloy Cd juga banyak digunakan dalam industri persenjataan berat, terutama sekali alloy Cd tersebut digunakan sebagai pemandu peluru-peluru kendali. Alloy Cd yang dibentuk dengan logam-logam Cu, Pb, Sn dan Ag banyak digunakan sebagai bahan solder. Logam Cd dan senyawa cadmium nitrat ini berfungsi sebagai bahan untuk mengontrol kecepatan pemcahan inti atom dalam rantai reaksi (reaksi berantai).
Penggunaan Cd dan persenyawaannya ditemukan dalam industri pencelupan, fotografi, dan lain-lain. Pemanfaatan Cd dan persenyawaannya dapat dilihat sebagai berikut :
1) Senyawa CdS dan CdSeS banyak digunakan sebagai zat warna.
2) Senyawa Cd-sulfat (CdSO4) digunakan dalam industri baterai yang berfungsi untuk pembuatan sel weston karena mempunyai potensial stabil yaitu sebesar 1,0186 volt.
3) Senyawa cadmium bromida (CdBr2) dan cadmium ionida (CdI¬2) secara terbatas digunakan dalam dunia fotografi.
4) Senyawa dietil cadmium {(C2H5)2 Cd} digunakan dalam proses pembuatan tetraetil-Pb.
5) Senyawa Cd-strearat banyak digunakan dalam perindustrian manufaktur polyvinilkhlorida (PVC) sebagai bahan yang berfungsi untuk stabilizer.
Selain itu banyak digunakan dalam industri-industri ringan, seperti pada proses pengolahan roti. Pengolahan ikan, pengolahan minuman, industri textil dan lain-lain, banyak dilibatkan senyawa-senyawa yang dibentuk dengan logam Cd, meskipun penggunaannya hanyalah dengan konsentrasi yang sangat rendah.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: