Kapasitas Adsorpsi Pasir Silika Terhadap Zat Warna Rhodamin B oleh Durra Hapid

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dewasa ini air menjadi masalah yang perlu mendapat perhatian yang seksama dan cermat. Untuk mendapatkan air yang baik dan sesuai dengan standar tertentu, sudah menjadi suatu hal yang sulit karena air sudah banyak tercemar oleh bermacam-macam limbah dan hasil kegiatan manusia. Baik limbah dari kegiatan rumah tangga maupun dari kegiatan industri.
Industri mempunyai pengaruh besar kepada lingkungan, karena mengubah sumber alam menjadi produk baru dan menghasilkan limbah produksi yang mencemari lingkungan. Limbah produksi bisa mencemarkan bahkan merusak lingkungan, baik untuk jangka waktu yang pendek maupun jangka waktu yang panjang.
Limbah air yang berasal dari industri sarung tenun mengandung bahan buangan yang berupa zat warna yang berasal dari proses pewarnaan. Warna merupakan indikator pencemaran air yang sangat mudah terlihat. Pembuangan air limbah berwarna tidak hanya merusak estetika badan air penerima tapi juga meracuni biota air di badan air penerima. Di samping itu adanya warna yang pekat akan menghalangi tembusnya sinar matahari pada badan air, sehingga mempengaruhi proses fotosintesis di dalam air. Akibatnya oksigen yang dihasilkan pada proses fotosintesis yang dibutuhkan untuk kehidupan biota air akan berkurang.
Industri tekstil mengeluarkan air limbah dengan BOD, COD, dan warna yang tinggi. Di samping itu, limbah cair ini dapat pula mengandung logam berat yang bergantung pada zat warna yang digunakan.
Zat warna pada dasarnya adalah racun bagi tubuh manusia. Oleh karena itu pencemaran zat warna ke air lingkungan perlu mendapat perhatian yang sungguh-sungguh agar tidak sampai masuk ke dalam tubuh manusia melalui air minum. Selain bersifat racun, zat warna juga bersifat karsinogenik, yaitu ikut merangsang tumbuhnya kanker. Zat warna juga akan mempengaruhi pH air lingkungan yang menyebabkan terganggunya mikroorganisme dan hewan air.
Zat warna banyak digunakan pada proses pencelupan industri tekstil. Tanpa memakai zat warna, hasil atau produk industri tidak menarik, hal ini berkaitan erat dengan masalah pemasaran dan keuntungan.
Zat warna Rhodamin B adalah salah satu jenis zat warna yang sering digunakan dalam industri. Zat warna ini adalah zat warna sintetis berbentuk serbuk kristal, berwarna hijau atau ungu kemerahan, tidak berbau, dan dalam larutan berwarna merah terang berfluoresensi, dan umumnya digunakan sebagai pewarna pada tekstil, plastik dan kertas.
Teknologi pengolahan limbah cair dapat dilakukan baik secara biologi, kimia, fisika, maupun gabung ketiga proses tersebut. Penghilangan zat warna dan senyawa organik yang ada dalam limbah cair industri tekstil secara kimia dapat dilakukan dengan menggunakan koagulan, secara fisika dengan sedimentasi, dan adsorpsi. Pengolahan limbah cair dengan menggunakan proses biologi juga banyak diterapkan untuk mereduksi senyawa organik dari limbah cair industri tekstil. Namun efisiensi penghilangan warna melalui proses biologi ini sering kali tidak memuaskan, karena warna mempunyai sifat tahan terhadap degradasi biologi.
Penanggulangan masalah pencemaran dalam lingkungan perairan dapat dilakukan dengan menggunakan metode pengendapan yang dilanjutkan dengan penyaringan, penyerapan dengan menggunakan karbon aktif, zeolit, tanah diatomae, alumina, silika gel dan juga dengan pasir silika.
Pasir silika atau kwarsa terdapat sebagai endapan sedimen, berasal dari pelapukan fisik (desintegrasi) batuan beku granit yang bersifat pegmatig (berbutir sangat kasar) dan mengandung silikon dioksida seperti granit, riolit dan garnodiorit yang selanjutnya tererosi atau terbawa oleh media air dan diendapkan di tepi sungai atau pantai. Endapan pasir kwarsa terjadi setelah melalui proses transportasi, sortasi dan sedimentasi. Proses transportasi oleh air menyebabkan butiran pasir menjadi bertambah halus dan relatif menjadi lebih murni.
Pasir silika yang digunakan diperoleh dari Kabupaten Maros di daerah Mallawa Kecamatan Camba. Pasir silika ini berbutir halus sampai sedang, berwarna putih keabu-abuan dan kadang-kadang putih kecoklatan tergantung jenis pengotornya.
Adsorpsi merupakan metode yang sangat efektif untuk mengatasi permasalahan limbah karena merupakan cara yang relatif sederhana dan mudah dilakukan sementara pasir silika merupakan salah satu sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan untuk mengolah limbah.
Penelitian yang telah dilakukan oleh Yetti Duma (2005) untuk mengadsorpsi zat warna Rhodamin B dengan menggunakan silika mesopori (MCM-48) diperoleh kapasitas adsorpsi 18,592 mg/g dan waktu kontak optimum 2 jam dan Kadek Anggarawati (2007) menggunakan karbon aktif ampas tebu BZ 121 (Saccharum officinarum) untuk mengadsorpsi zat warna Rhodamin B dengan kapasitas adsorpsi 2,078 mg/g dengan waktu kontak optimum 60 menit. Berdasarkan uraian di atas, studi ini dilakukan untuk mencari alternatif teknik pengolahan air limbah industri yang lebih mudah dan murah, yaitu menggunakan pasir silika yang diaktivasi secara fisika. Untuk itu dilakukan penelitian dengan judul “Kapasitas Adsorpsi Pasir Silika Terhadap Zat Warna Rhodamin B”.
C. Rumusan Masalah
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
1. Berapa suhu optimum dalam mengaktivasi pasir silika untuk mengadsorpsi zat
warna Rhodamin B ?
2. Berapa kapasitas adsorpsi pasir silika terhadap zat warna Rhodamin B?
C. Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah
1. Untuk mengetahui suhu optimum dalam mengaktivasi pasir silika untuk
mengadsorpsi zat warna Rhodamin B.
2. Untuk mengetahui kapasitas adsorpsi pasir silika terhadap zat warna
Rhodamin B.
D. Manfaat Penelitian
Manfaat penelitian ini dilakukan adalah
1. Sebagai bahan informasi bagi industri tentang penggunaan pasir silika sebagai
salah satu bahan penyerap dalam menanggulangi pencemaran lingkungan
khususnya di industri.
2. Sebagai bahan informasi bagi peneliti selanjutnya yang ingin meneliti masalah
yang ada kaitannya dengan penelitian ini.

Komentar

  • husniyaprimastuti  On Februari 17, 2012 at 4:50 pm

    assalamu’alaikum..
    saya sedang mencari materi tentang silikat untung penelitian saya,sepertinya saya membutuhkan materi yang anda post kan ini..kalau boleh,saya ingin meminta materi fulltext,
    ini alamat email saya: ie_maz_tutye@yahoo.co.id
    balasan anda sangat saya harapkan..terimakasih..^^
    wassalam..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: